Browsed by
Kategori: Menikah

Jangan Takut Nikah Muda

Jangan Takut Nikah Muda

Jangan Takut Nikah Muda

Jangan Takut Nikah Muda Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang nikah muda. Kenapa harus nikah muda? Kita lihat sekarang ini, banyak remaja-remaja yang takut untuk menikah muda, padalah mereka sudah bisa kerja dan cari duit sendiri. Nahh.. sudah pada hebat-hebat kan.

            Akan tetapi, mereka enggan mempersiapkan diri untuk menikah di usia muda. Katanya kalau menikah di usia muda itu berarti mereka habis berzina. Jadi laki-laki harus menikahi perempuan yang di zinahi itu. Ada juga orang-orang yang ngomong gini, “Masih bocah udah nikah, paling bentar juga pisah.” Ada juga nih remaja-remaja yang ngomong kalau mereka belum matang, belum dewasa, masih pengen menikmati masa muda, belum pengen mikir berat, belum pingin punya anak, dan masih belum-belum yang lainnya.Itulah beberapa alasan dari temen-temen remaja kita.

Akhirnya Larinya ke Jalan Pacaran

 Biasanya anak-anak muda itu melampiaskan rasa cinta mereka terhadap lawan jenisnya itu lewat jalan pacaran. Iya kan? Kasian masnya nanti, buang-buang duit buat nyenengin cewek yang belum tentu jodohnya dan kasian juga mbaknya, di PHP-in sama cowoknya itu, Cuma buat muasin nafsu si cowok aja,hahaha…

Udah lahh… putusin aja. Kan belum tentu jodohnya, malah nambah-nambah dosa aja.

Lebih baik itu kalau kalian siap-siap buat jadi suami atau istri yang baik nantinya, bukannya jadi pacar yang baik dan pengertian. Sekarang kan udah banyak remaja yang habis lulus SMA/SMK/MAN yang langsung kerja. Nahh.. kalau udah bisa kerja, tinggal nyiapin diri sama ngumpulin duit buat modal nikah nanti, jangan di habisin duitnya Cuma buat pacarnya. Insya Allah jika kita lebih memilih nikah muda, Allah akan memberikan kemudahan dalam beribadah dan beramal sholeh. Dan berarti kita juga sudah menjalankan sunnah Nabi kita tercinta. Seperti yang telah beliau sabdakan.

Wahai para pemuda, barang siapa di antara kamu yang telah mampu menikah, maka bersegeralah untuk menikah. Sesungguhnya,itu akan lebih bisa menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Dan barang siapa yang belum sanggup menikah, maka hendaklah ia berpuasa. Karena puasa itu bisa mengekangnya (nafsu). ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tuhh.. buat para pemuda, yang sudah siap buat nikah, segeralah nikah jangan di tunda-tunda. Malah nambah dosa lo nanti. Kalau belum sanggup ya puasa. Perintah Nabi itu buat para remaja lo, bukan buat yang dewasa ataupun tua. Kita tau kalau usia 17+ itu udah di anggap remaja. Dan juga karena remaja itu masa yang rawan. Masa di mana nafsu syahwat sudah mulai membara, bergejolak dan berkobar-kobar. Ya seperti itulah kenapa Nabi memerintahkan bagi para remaja untuk segera menikah jika sudah siap.

Baca: Ciri-ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami

Gimana Kalo yang Belum Punya Uang?

Jika kalian belum punya pekerjaan tetap, rumah, karir yang bagus, jabatan tinggi, title banyak, atau bisa dibilang masih miskin lah. Tenang aja guys.. Allah sudah berjanji di dalam Al-Quran.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nuur: 32)

            Allah sudah berjanji di dalam Firman-Nya. Jika kalian miskin, maka Allah akan memampukan kalian. Yang jadi permasalahannya sekarang adalah kalian yakin dan percaya dengan janji Allah itu nggak? Jika kalian yakin dan percaya, maka segera mempersiapkan diri buat nikah. Nggak masalah walaupun masih muda. Agama nggak pernah ngelarang kok, malah Rosulullah ngasih perintah buat para remaja yang sudah sanggup buat segera nikah.

Jangan Habiskan Umur Kalian dengan Hal yang Tidak Bermanfaat

            Jangan kalian habiskan umur kalian yang masih muda-muda ini dengan hal-hal yang dilarang oleh agama, seperti pacaran. Jika kalian lebih milih pacaran dulu, trus kalo cocok baru nikah. Yaa.. mungkin kalian nggak akan pernah nemuin gimana nikmatnya memegang tangan sang istri/suami untuk pertama kalinya..wiihh.., gimana nikmatnya tangan di cium oleh istri atau nikmatnya istri mencium tangan sang suami saat kalian sudah sah jadi suami istri di saat acara ijab qobul itu lo, gimana nikmatnya malam pertama, dan nikmat-nikmat yang lain ketika sudah menikah, karena memang belum pernah ngerasain sebelumnya.

Baca: Kisah Menahan Nafsu dari Abdurrahman Al-Qass

            Berbeda lagi jika kalian memulainya dengan pacaran dulu. Pacaran jaman sekarang kan bisa dibilang blak-blakan, udah kayak suami istri gitu. Jadi ya nggak bakalan nemuin nikmatnya setelah menikah, karena udah banyak yang dilakuin sama pacar sebelum nikah, apalagi kalo pacarannya udah lama.

            Maka dari itu temen-temen remaja, mulai sekarang persiapkan diri kita untuk menikah. Biar nggak terus-terusan ngelakuin maksiat. Biar dapet ridha Allah. Dan juga jangan takut ya untuk menikah di usia muda. Pokoknya selalu semangat dalam melakukan apa yang Allah dan rosul-Nya perintahkan dan selalu semangat dan berusaha untuk tidak melakukan apa yang dilarang oleh Allah dan rosul-Nya.

%d blogger menyukai ini: