Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami

Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami

5 Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami

Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami Setiap muslimah tentu mendambakan laki-laki yang shaleh lagi taat ibadahnya, bagus akhlaknya serta indah tutur katanya, pandangan mata yang menyejukkan, setiap untaian katanya yang baik lagi berisi nasihat-nasihat yang indah.
Kebingungan yang sering muncul bagi setiap muslimah adalah bagaiman cara mendeteksi atau melihat laki-laki tersebut baik atau tidak, bagaimana mengenali ciri-cirinya. Banyak yang kelihatannya shaleh namun setelah menikah sifat aslinya menunjukkan jauh dari keshalehan. Banyak yang tampak di luar baik namun ketika menikah terlihat sangat berbalik sekali dengan sifat awal yang dikenal. Penyesalan si akhir tentu hal yang tidak diinginkan oleh semua wanita, tidak mau kalau pernikahan yang dia dambakan adalah sebuah kebahagiaan namun berujung pada penyesalan karena mendapatkan laki-laki yang jauh dari harapannya.
Berikut kami akan bagikan 5 Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami, yang insya Allah cocok di hati.

1. Baik hubungannya dengan Allah Swt

Ciri pertamanya adalah memiliki hubungan baik dengan Allah Swt. Hal ini bisa terlihat dari ibadahnya kepada Allah, shalat tepat waktu, mengerjakan amalan-amalan sunah, ingin selalu dekat dengan Allah bisa dilihat dari kualitas dan kuantitas berinteraksi dengan Al-Quran. Selalu menjaga diri dari perbuatan yang dilarang seperti menundukkan pandangannya pada wanita, menjaga pergaulannya dengan wanita yang bukan mukhrimnya.

2. Baik hubungannya dengan orang tuanya, khususnya ibu

Ciri kedua yang dimiliki oleh laki-laki shaleh adalah memiliki hubungan baik dengan ibunya. Ia selalu taat dan patuh pada ibunya, selalu berbakti kepada ibunya selama tidak melanggar perintah Allah dan rasul-Nya serta memiliki hubungan khusus dengan ibunya.

Baca: Kisah Tentang Niatan yang Salah

3. Baik dan perhatian pada anak-anak

Ciri yang ketiga adalah memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap anak-anak kecil. Biasanya ia akan sensitif ketika melihat anak-anak dan secara refleks ingin bermain dengan anak-anak yang dilihatnya, serta menggendong anak-anak yang dilihatnya. Rasa ini muncul tanpa sengaja, tapi memang sudah ada dalam dirinya. Ini sangat penting karena mencari suami adalah mencari calon ayah bagi anak-anakmu, maka pastikanlah ia orang yang memiliki kepedulian terhadap anak kecil. Sebagaiman rasulullah saw., yang berhenti dan bahkan turun dari untanya ketika melihat anak kecil.

4. Baik hubungan sosial dan kemasyarakatannya

Berumah tangga adalah proses yang komplet, mempertemukan dua insan yang berbeda, mempertemukan dua keluarga yang berbeda, dan juga mempertemukan dengan kehidupan serta lingkungan yang baru. Hidup bertetangga adalah salah satu hal yang akan dijalani oleh setiap keluarga. Maka kemampuan menjalin hubungan sosial kemasyarakatan adalah hal penting yang mesti dimiliki oleh sang suami sebagai kepala rumah tangga. Apalagi ia bisa membaur dengan lingkungan sekitar, turut dan ikut serta kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di sekitarnya seperti kerja bakti, pengajian, saling tolong menolong dan membantu dalam suka duka.

Baca: Muslimah Harus Berhijab dengan Benar

5. Baik hubungannya dengan uang

Uang, ia memang bukanlah segala-galanya, akan tetapi untuk mendapatkan segala-galanya butuh yang namanya uang. Tak sedikit rumah tangga yang bubar, hancur berantakan berujung pada perceraian hanya gara-gara uang. Apakah karena uang yang sedikit, suami yang tidak bisa mencari uang atau mungkin kehidupan yang terlalu boros tidak seimbang antara pengeluaran dan pemasukan menyebabkan berhutang sana-sini.

Kemampuan berhubungan baik dengan uang adalah kemampuan wajib yang mesti dimiliki seorang suami, mampu mencarinya dengan cara dan sumber yang halal, serta mampu juga mengatur pemasukan dan pengeluaran. Baik hubungannya dengan uang bukan berarti ia kaya raya dan memiliki banyak uang. Akan tetapi ia mampu menggunakan uang menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran, mengatur emosi untuk memilih antara suatu kebutuhan dengan yang hanya keinginan.

Ya, kurang lebih itulah 5 Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami yang jika ia datang melamarmu jangan kamu tolak. Tips lain mudah bertemu dengannya adalah memantaskan diri seperti ciri-cirinya, karena jodoh adalah cerminan dirimu.

Referensi Buku: Makin Syar’i Makin Cantik
Karya: Agus Ariwibowo & Fidayani (founder www.diarypernikahan.com)

4 thoughts on “Ciri-Ciri Laki-laki yang Pantas Dijadikan Suami

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: